Kamis, 05 Februari 2015

USA petakan Alam semesta dengan kamera 3.2 Gigapixel


Departemen Energi negeri Paman Sam telah setuju untuk melanjutkan rencana pembuatan kamera terbesar didunia yang akan dikerjakan di Large Synoptic Survey Telescope (LSST). Kamera yang memiliki resolusi sebesar 3200 Megapixel atau 3,2 Gigapixel ini akan digunakan oleh para astronom USA untuk berusaha menguak misteri alam semesta.

Kamera LSST ini mampu menangkap objek-objek diluar angkasa secara detail karena memiliki resolusi yang sangat tinggi, hal ini juga yang digunakan para astronom untuk mengamati peristiwa - peristiwa dialam semesta seperti halnya supernova. Tidak hanya itu hasil gambar - gambar yang telah tertangkap nantinya akan disusun untuk dibuat peta interaktif yang berformat 3D.

Pembangunan kamera LSST ini rencananya akan dilaksanakan tahun 2016 dan baru bisa beroperasi pada tahun 2022 yang akan mengambil tempat dipuncak gunung Cerro Pachon di Chile. LSST sendiri diestimasikan akan menghasilkan data arsip sebesar 6 juta gigabyte pertahunnya, hal ini akan membantu para peneliti untuk mempelajari pembentukan galaksi, melacak asteroid yang berpotensi berbahaya, mengamati ledakan bintang dan lebih memahami materi gelap dan energi gelap, yang membentuk 95 persen alam semesta tetapi yang sifatnya masih belum diketahui.

Yaps sekian info untuk kamera LSST ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar