Rabu, 04 Februari 2015

Paket Internet cepat habis, ini sebabnya

Paket kuota internet kita cepat habis, padahal kita jarang memakainya, kira kira apa penyebabnya?
Bagi sebagian orang kehabisan kuota internet akan menjadi hal yang menakutkan, lihat saja kita tidak bisa berBBMan ria, mengecek kuis atau tebak gambar di Line, upload foto selfie kita ke Instagram, kebiasaan berkomunikasi dengan WhatsApp pun terputus.

Tanpa adanya koneksi internet kita juga tidak bisa menikmati hiburan seperti diyoutube, online game, streaming musik di soundcloud. Hal semacam ini seolah membuat ponsel pintar kita seakan lumpuh.

Memang sekarang banyak provider yang menyediakan layanan free untuk mengakses media social seperti Facebook, twitter, instagram dll. Namun apa sih yang menyebabkan cepat habis kuota internet kita? Berikut Tekno Tabloid akan membagikan penyebab paket kuota internet kita cepat habis, agar tidak terjebak dalam masalah kuota internet dan dapat merencanakan penggunaan internet kita. Yosh langsung saja.

1. Mengunggah atau Upload video ke Youtube

Mengunggah atau mengupload video keyoutube atau ke facebook untuk dibagikan keteman memang asyik namun ini akan memakan banyak kuota internet anda. Namun semua itu juga tergantung dari kualitas atau settingan dari video yang akan anda unggah. Bayangkan saja untuk mengupload video dengan kualitas High Definition (HD) anda akan menghabiskan kuota 200 MB untuk permenitnya, apa kabar kalau bermenit-menit, bisa jadi kuota 1GB kita bisa habis dalam hitungan kurang dari sebulan. So, untuk kalian yang akan mengunggah video lebih baik cari koneksi Wifi saja agar lebih menghemat kuota internet anda, sekarang banyak kok tersedia koneksi wifi. jadi gunakan sebijak mungkin kuota internet anda ya.

2. Video Chatting

Mengobrol langsung via skype atau faceTime dengan teman, pacar atau keluarga memang menyenangkan, namun ini juga memakan kuota internet yang banyak. Biasanya untuk melakukan video chatting selama satu menit akan menghabiskan kuota internet sebanyak 3 MB, namun itu kembali juga dengan kualitas settingan video chat kita.

3. Bermain Online Game

Bermain game online memang mengasyikan, apalagi kalo sedang tidak ada kegiatan kita bahkan bisa sampai lupa waktu. namun saking asyiknya bermain game online ini kita tidak sadar kuota kita akan terkuras habis, lihat saja saat kita asyik bermain game jenis real action seperti Mortal combat atau asphalt 8 itu memakan kuota internet 1 MB permenitnya.

4. Streaming Musik

Mendengarkan musik disoundcloud memang asyik dan menyenangkan, apalagi lagu yang kita sukai semakin bagus jika dicover oleh orang lain, namun untuk mengakses soundcloud dan streaming musik membutuhkan kuota internet yang banyak. Jika anda streaming musik dengan bitrate atau kulitas 320Kbps saja membutuhkan 2,4 MB permenitnya, coba saja jika anda mendengarkan musik satu album yang rata - rata durasinya 3 - 4 menit, pasti akan membutuhkan kuota internet yang sangat banyak.

5.Streaming Video

Sama halnya dengan streaming musik, streaming video juga memakan kuota internet yang banyak. Kadang kita tidak tahan untuk meliat thriller movie baru yang akan kita tonton, atau sekedar melihat video clipnya Maroon 5 atau yang lainnya. Namun setelah anda puas streaming video diyoutube, vimeo, iTunes ataupun Hulu, anda akan kaget saat mengecek kuota internet anda. Streaming video merupakan penguras kuota internet yang kejam, lihat saja saat anda streaming video satu menit saja kuota paket internet anda akan berkurang 50MB. So, jika kuota anda terbatas lebih baik anda download video yang akan anda tonton berulang-ulang agar menghemat pengeluaran kuota internet anda.

Nah sekian sharing dari Tekno Tabloid, semoga bermanfaat dan anda semakin bijak dalam menggunakan Kuota internet anda. See you in next post und keep visit Tekno Tabloid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar